Senin, Mei 27, 2024

Mari Sambut Anugerah Ini

Oleh: AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Loading

Anugerah terbesar dari Allah SWT kepada Umat Islam dalam siklus 12 bulan perjalanan waktu, hanya ditemukan di satu bulan suci Ramadhan.

Bulan pembersihan jasmani, ruhani, spiritual dan materi (zakat).

Ketika pintu Ramadhan terbuka, hati yang jernih akan merasakan kebahagiaan dan menyambutnya dengan niat tulus untuk bersungguh-sungguh memasuki penempuhan baru. Menempa hati, pikiran dan badan.

Bulan Ramadhan, adalah bulan yang dipilih Allah SWT untuk menurunkan Al Qur’an (Nuzulul Qur’an). Penuntun keselamatan jalan hidup dunia menuju keabadian akhirat yang kekal.

“Sesungguhnya Kami turunkan Alquran pada malam yang diberkahi.” (QS.Ad Dukhan ayat 3).

”Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Al Quran.” (QS.Al Baqarah ayat 185).

Sebagai teladan utama, Rasulullah SAW menerima kalimat-kalimat suci dan menjalankannya dengan kesungguhan di bulan ini. 

Peristiwa perang Badar, penaklukan kota Makkah oleh kaum Muslimin (Fathul Makkah) adalah peristiwa monumental kemenangan 313 orang menghadapi 1000 pasukan.

Demikian juga yang terjadi di Negara kita, 13 abad setelah itu. Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya setelah ratusan tahun terjajah, juga di bulan yang sama.

Ramadhan, adalah bulan kemenangan. Bulan pilihan Allah SWT untuk menurunkan anugerah Maha BesarNya, yaitu, satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan (Lailatul Qadr).

Semoga kita semua termasuk golongan yang mendapatkan kemenangan. Diberikan kekuatan dan kesungguhan menjalankan amal ibadah tanpa henti di setiap detik yang akan kita lewati, insya Allah.

Marhaban Syahru Mubarak. Syahru Shiyam wal Qiyam. Selamat berbahagia.


Jakarta, 22 Maret 2023

Penulis adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

Foto Terkait

Berita Foto Terkait

Video Terkait

Siaran Pers Terkait

Pidato Terkait