Kamis, Juni 8, 2023

Sambutan Ketua DPD RI Pelantikan Gubernur Lampung Sebagai Warga Kehormatan PSHT

Loading

Bandar Lampung, 20 Agustus 2022

Bismillahirrohmannirrohim,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
Salam sejahtera untuk kita semua.
Tabik Pun…

Yang saya hormati dan banggakan;
1. Ketua Umum Pusat PSHT beserta jajaran pengurus
2. Gubernur Lampung, Bapak Ir. H. Arinal Junaidi
3. Pembina PSHT Provinsi Lampung, yang juga Anggota DPD RI, Saudara Bustami Zainuddin dan Kangmas Supeno.
4. Anggota DPD RI dari Provinsi Lampung
5. Ketua DPRD Provinsi Lampung
6. Jajaran Pimpinan Forkompimda Provinsi Lampung
7. Ketua Perwakilan Pusat PSHT Provinsi Lampung, Brigjen TNI Yuswandi
8. Para Ketua Cabang PSHT Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung
9. Para Calon Warga Baru PSHT se-Provinsi Lampung
10. Bapak Ibu dan Hadirin tamu undangan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam, marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalam, beserta keluarga dan sahabatnya. Semoga kita mendapat syafaat beliau di hari hisab nanti.

Saya ucapkan Selamat Merayakan 100 Tahun Persaudaraan Setia Hati Terate kepada seluruh pengurus dan warga SH Terate di Provinsi Lampung.

Saya juga secara khusus mengucapkan selamat kepada para Pelatih SH Terate dimanapun berada, terima kasih atas dedikasinya selama ini, yang tanpa mengenal lelah dan tanpa pamrih melatih adikadik siswa SH Terate, sehingga menjadi Warga Persaudaraan Setia Hati Terate yang berbudi pekerti luhur.

Bapak Ibu dan Hadirin yang hormati,
Perlu kita ketahui bersama, bahwa Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate ini saat ini telah berusia 100 tahun, sejak didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Utomo pada tahun 1922 di Kota Madiun.

Menapaki jalan selama 1 Abad tentu tidak mudah. Apalagi untuk tetap bertahan sebagai organisasi yang besar. Namun SH Terate mampu membuktikan kekuatannya. Untuk itu kita beri aplaus untuk semua pengurus, pelatih dan warga SH Terate.

Selanjutnya, saya mengucapkan Selamat kepada Bapak Gubernur Arinal Junaidi, yang malam ini dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Persaudaraan Setia Hati Terate. Dengan menjadi bagian dari organisasi SH Terate, maka Pak Gubernur mulai malam ini adalah Saudara kita semua.

Semoga dengan bergabung sebagai warga PSHT akan menjadi tambahan energi bagi Pak Gubernur dalam menjalankan tugas-tugasnya. Aamiin..

Pak Gubernur yang saya hormati dan hadirin yang berbahagia. Saya sebagai bagian dari organisasi PSHT juga merasa bangga. Sungguh saya merasa ini organisasi yang berbeda dari organisasi lain. Rasa persaudaraannya sungguh luar biasa. Karena di dalam SH Terate kita sudah seperti keluarga yang tidak ada batasan atau sekat-sekat penghalang. Semoga persaudaraan kita ini berumur panjang, kekal abadi selama-lamanya.

Saya mengenal organisasi PSHT ini sudah cukup lama, namun baru beberapa waktu ini berkesempatan bergabung. Ini sungguh anugerah bagi saya, bisa bersama-sama saudara-saudaraku di Persaudaraan Setia Hati Terate.

Saya yakin bahwa Organisasi ini adalah organisasi yang benar, organisasi yang legal dan hak-haknya diakui oleh pemerintah yang sah. Oleh karena itu, saya berharap segenap komponen masyarakat, pemerintah dan aparatur negara dapat benar-benar memahami dan mempelajari legalitas organisasi yang dimiliki oleh PSHT ini.

Karena hanya ada satu PSHT, yakni PSHT yang dipimpin oleh Kangmas Drs. R. Murjoko HW.

Sebagai Ketua DPD RI saya sudah mempelajari dengan seksama, dan bahkan ikut memperjuangkan legalitas PSHT, hingga mendapatkan pengakuan legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Karena itu jangan sampai di bawah masih ada aparatur yang meragukan legalitas Organisasi PSHT.

Kalau masih ragu-ragu, silahkan buka sendiri di situs kemenkumham RI, maka saudara akan tahu siapa pemilik nama dan badan hukum Persaudaraan Setia Hati Terate, yakni Kangmas Drs. R. Murjoko HW, bukan yang lain.

PSHT ini organisasi massa yang cukup besar, dengan jumlah anggota di seluruh dunia lebih dari 10 juta orang. Tentu ini potensi yang luar biasa, jika dikelola dengan baik. Karena itu pengurus-pengurus PSHT mulai tingkat rayon, ranting, cabang, provinsi hingga pusat harus memiliki pandangan yang visioner tentang arah pengelolaan organisasi di masa mendatang.

PSHT tidak bisa dan tidak boleh dikelola lagi dengan cara-cara yang konvensional dan tradisional. Di Era 100 tahun ke 2, PSHT harus dikelola sebagai organisasi yang modern dan memanfaatkan teknolog informasi, sehingga menjadi organisasi yang terbuka dan profesional.

Termasuk PSHT di Lampung dan daerah-daerah lain, harus memberikan sumbangsih untuk membantu Pemerintah Daerah mensukseskan program pembangunan. Utamanya pembangunan karakter dan jati diri bangsa, serta kesehatan jasmani dan rohani generasi muda kita.

Apalagi saat ini Gubernur Lampung juga seorang Warga Kehormatan PSHT. Maka sudah sewajarnya dan selayaknya jika Warga PSHT di Provinsi Lampung, bersatu padu bahu membahu membantu Pak Gubernur Lampung mencapai Visinya, yakni LAMPUNG BERJAYA.

Yang terakhir namun tak kalah penting adalah, bahwa Warga PSHT harus menjadi pendukung utama Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi Penjaga Ideologi Pancasila. Warga PSHT harus menjadi benteng pertahanan dari serangan-serangan terhadap ideologi Pancasila seperti, Liberalisme dan Kapitalisme yang lahir dari ideologi Individualisme dan Sekulerisme.

Akhir kata, marilah kita sama-sama memanjatkan doa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga para pendiri dan perintis Persaudaraan Setia Hati Terate yang telah wafat mendahului kita diampuni segala dosa dan kesalahannya, dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Terutama untuk Ki Ageng Surodiwiryo, Ki Hadjar Hardjo Utomo, Eyang Badini, Bapak Irsyad, Mas Imam Kusupangat, Mas Tarmadji Budi Harsono, dan semua sesepuh SH Terate yang telah dipanggil di sisi-Nya.

Khusus di Provinsi Lampung mari kita berdoa untuk Mas Hanis Supriyadi, Mas Khusnun, Mas Supomo, Mas Edy Sunyoto, dan Mas Imam Muslim serta mas Abdul Azis Mustofa. Mereka adalah para perintis PSHT di Provinsi Lampung sejak tahun 1980. Atas jasa-jasa merekalah kita bisa menikmati rasa persaudaraan SH Terate saat ini.

Mari kita bersatu padu, bersama-sama melanjutkan jejak perjuangan beliau-beliau tersebut.
Sebelum saya menutup sambutan ini, ijinkan saya mengucapkan semboyan Persaudaraan Setia Hati Terate:

SELAMA MATAHARI MASIH BERSINAR,
SELAMA BUMI MASIH DIHUNI MANUSIA,
SELAMA ITU PULA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE TETAP
KEKAL, JAYA ABADI UNTUK SELAMA-LAMANYA.

Salam Persaudaraan….. !

 Wabillahi Taufiq wal Hidayah
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua DPD RI


AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Foto Terkait

Berita Foto Terkait

Video Terkait

Pidato Terkait