Kamis, Februari 2, 2023

Sambutan Ketua DPD RI Penyerahan Sertifikat Kompetensi Program Sertifikasi Kompetensi Kerja Badan Nasional Sertifikasi Profesi

 301 total views

Surabaya, 22 Desember 2022

Bismillahirrohmannirrohim,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati dan banggakan;
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam, marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalam, beserta keluarga dan sahabatnya. Semoga kita mendapat syafaat beliau di hari hisab nanti.

Saya sampaikan selamat kepada para penerima sertifikat kompetensi yang diberikan oleh BNSP pada hari ini. Saya juga sampaikan apresiasi kepada Kadin Institute yang konsisten melakukan aktifitas peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Bapak ibu dan hadirin yang saya hormati,
Sumber Daya Manusia yang unggul sejalan dengan tujuan menciptakan Indonesia unggul. Karena Sumber Daya Manusia suatu bangsa, adalah wajah bangsa itu sendiri.

Kompetisi global memang memaksa kompetensi Sumber Daya Manusia di pasar tenaga kerja menjadi syarat utama. Karena itu ide besar atau muara dari program seperti ini harus menjadi satu goals, yaitu; Indonesia Kompeten. 

Untuk itu perlu dijabarkan dengan karakteristik SDM yang memiliki dua ciri utama. Yang pertama, SDM kita harus kompetitif dalam karakter. Yaitu pekerja keras, jujur, kolaboratif, solutif dan entrepreneurship.

Yang kedua, SDM kita harus kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan menguasai the emerging skills, yang mampu mengisi the emerging jobs, dan inovatif serta mampu membangun the emerging business.

Kita butuh ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat kita bisa melompat dan mendahului bangsa lain.

Kita butuh terobosan-terobosan jalan pintas yang cerdik, yang mudah, yang cepat. Sekaligus kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, dan berideologi Pancasila.

Kita butuh SDM unggul yang toleran, yang berakhlak mulia. Kita butuh SDM unggul yang terus belajar bekerja keras, berdedikasi.

Kita butuh inovasi-inovasi yang membalik ketidakmungkinan menjadi peluang. Yang membuat kelemahan menjadi kekuatan dan keunggulan. Yang membuat keterbatasan menjadi keberlimpahan. Yang mengubah kesulitan menjadi kemampuan.

Itulah pentingnya kompetensi, yang salah satunya didorong melalui kegiatan yang kita ikuti hari ini.

Sekali lagi, selamat kepada para penerima sertifikat kompetensi yang diberikan oleh BNSP pada hari ini. Semoga Anda semua menjadi SDM Unggul yang mewujudkan Indonesia Kompeten. Sekian dan terima kasih.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Ketua DPD RI
AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Foto Terkait

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan sambutan pada acara Penyerahan Sertifikat Kompetensi Program Sertifikasi Kompetensi Kerja Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diselenggarakan Kadin Institute
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Saat Hadiri Penyerahan Sertifikat Kompetensi Program Sertifikasi Kompetensi Kerja Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diselenggarakan Kadin Institute Jatim

Berita Foto Terkait

Video Terkait

Pidato Terkait