Minggu, Januari 29, 2023

Reses, Ketua DPD RI Serap Aspirasi IWAPI Jatim

Dipublikasikan pada Selasa, 22 Februari 2022 15:43 WIB

SURABAYA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyerap aspirasi dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jawa Timur.

Ada lima hal yang disampaikan IWAPI Jatim melalui Ketuanya, Susmiati Rahmawati. Aspirasi pertama berkaitan dengan program halal.

“Tahun 2024 itu kan semua sudah harus disertifikasi, khususnya untuk produk makanan dan minuman. Kami minta agar hal ini jangan dipersulit,” kata Susmiati di Kadin Jatim, Selasa (22/2/2022).

Kedua, Susmiati menanyakan hingga kapan PPKM berlangsung.

“Dengan pemberlakuan PPKM, hampir semua pengusaha kolaps, khususnya IKM. Sampai kapan hal ini akan berlangsung,” tanya Susmiati.

Aspirasi ketiga yang disampaikan adalah mengenai permodalan dengan bunga perbankan yang ringan. “Sejauh ini bunga bank sebesar 6 persen. Kami harap angka itu bisa diturunkan menjadi 3 persen,” katanya. 

Keempat, Susmiati berharap IWAPI Jatim bisa mengambil bagian dalam mensosialisasikan empat pilar. Tujuannya agar pengusaha ikut terlibat dalam penguatan Pancasila. 

“Terakhir, kami berharap bisa dilibatkan oleh Kadin dalam setiap kegiatan agar kami bisa memamerkan produk-produk kami, terutama kalau ada buyer,” harapnya.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyambut baik aspirasi tersebut dan akan memperjuangkannya. Ia mendukung agar proses sertifikasi halal tak malah membebankan pengusaha. 

“Produk halal ini kan salah satu kekuatan dan keunggulan Indonesia. Tentu tak boleh menjadi beban bagi pengusaha, mengingat produk halal tengah digemari masyarakat internasional,” kata LaNyalla.

Berkaitan dengan permodalan dan PPKM yang membuat pengusaha kolaps, Senator asal Jawa Timur meminta IWAPI bersinergi dengan Kadin Jatim. 

“Untuk permodalan silakan bersinergi dengan Kadin Jatim. Ada beberapa akses keuangan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha,” katanya.

LaNyalla pun mendukung langkah IWAPI Jatim yang ingin mengambil peran dalam sosialisasi empat pilar. Sebagai pengusaha, LaNyalla mengingatkan bahwa Pancasila merupakan dasar dari aktivitas ekonomi yang harus dikedepankan.

“Para pendiri bangsa kita telah melahirkan sistem ekonomi Pancasila sebagai jalan ekonomi yang merupakan ciri khas bangsa ini,” kata LaNyalla. 

Pada kesempatan itu, LaNyalla didampingi Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto beserta jajaran. Sementara Susmiati didampingi Yayuk Eko Agustin (Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan Pemerintahan), Noerhendah Woelandari (Wakil Ketua Umum Bidang Keanggotaan) dan Sri Utami Ernawati (Komisi Tetap Perdagangan).(*)

BIRO PERS, MEDIA, DAN INFORMASI LANYALLA
www.lanyallacenter.id

Foto Terkait

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima aspirasi Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI)

Video Terkait

Siaran Pers Terkait

Pidato Terkait