Rabu, Juli 24, 2024

Sambutan Ketua DPD RI Deklarasi Paket Pimpinan Masa Bakti 2024-2029

Loading

Jakarta, 23 Juni 2024 

Bismillahirrohmannirrohim,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati dan banggakan;
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dalam keadaan sehat wal afiat. 

Sholawat serta salam, marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, beserta keluarga dan sahabatnya. Semoga kita mendapat syafaat beliau di hari hisab nanti.

Saya sampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPD RI yang hadir dalam acara hari ini. Terutama kepada para Anggota baru, yang terpilih untuk masa bakti 2024-2029. Saya ucapkan, selamat datang dan selamat berjuang bersama-sama. Saya juga mengucapkan terima kasih, dan saya bangga, terutama dengan semangat para Anggota baru, terutama adik-adik saya, para Senator Milenial yang cukup banyak hadir di sini. Kita beri aplaus untuk para Senator milenial kita.

Bapak Ibu dan Adinda yang saya hormati,
DPD RI adalah rumah kita. Rumah untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada di daerah.
Saya mengajak yang terhormat para Senator, untuk bersama-sama, dalam satu semangat, satu irama, dan satu langkah, untuk semakin menunjukkan kepada Bangsa Indonesia, bahwa DPD RI, dengan segala keterbatasannya, masih tetap mampu memperjuangkan aspirasi daerah.

Sehingga DPD RI dapat menampung berbagai dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara, yang sekaligus dapat menjamin keputusan di tingkat nasional yang terkait dengan kepentingan daerah, diambil melalui mekanisme double check, yang menjamin tersalurkannya aspirasi kepentingan daerah.

Oleh karena itu, perjuangan untuk mewujudkan DPD RI yang Kuat dan Bermartabat harus terus kita perjuangkan. Baik melalui perjuangan jangka pendek, dengan mengoptimalkan semua perangkat yang ada, yang telah diatur oleh Konstitusi dan Undang-Undang yang berlaku saat ini. Maupun perjuangan jangka panjang yang harus dilakukan melalui jalur Konstitusi.

Menyangkut jalur Konstitusi ini, perlu saya sampaikan di sini, karena di luar sana, ada narasi-narasi menyesatkan yang menyatakan seolah saya dan Pak Nono Sampono ingin membubarkan DPD RI dengan mengkampanyekan gagasan untuk kembali ke Undang-Undang Dasar 1945 naskah asli.

Narasi itu sengaja disampaikan tidak utuh. Atau sepenggal saja. Padahal jika kita mengikuti secara utuh bagaimana hasil keputusan
Sidang Paripurna DPD RI pada tanggal 14 Juli 2023 yang lalu, justru adalah upaya untuk memperkuat posisi DPD RI sehingga bisa menjadi pembentuk Undang-Undang yang sama dengan DPR RI.

Karena penguatan melalui jalur Konstitusi ini adalah dengan cara Kembali ke Undang-Undang Dasar 1945 naskah asli, untuk kemudian kita lakukan Amandemen dengan Teknik Adendum. Dimana salah satunya adalah memastikan DPD RI, yang diisi oleh peserta Pemilu Legislatif dari jalur perseorangan memiliki kewenangan pembentukan Undang-Undang secara utuh, seperti halnya DPR RI yang diisi oleh peserta Pemilu Legislatif dari jalur Partai Politik.

Sehingga produk Undang-Undang, yang memiliki kekuatan hukum mengikat seluruh rakyat Indonesia, tidak hanya menjadi kewenangan Legislator dari unsur Partai Politik saja. Tetapi juga dibahas secara utuh bersama dengan Legislator dari unsur perwakilan daerah. Yaitu anggota DPD RI.

Itulah salah satu isi dari Lima Proposal Kenegaraan DPD RI yang disusun sebagai bagian tindak lanjut dari Keputusan Sidang Paripurna DPD RI pada 14 Juli 2023 yang lalu. Bahkan di dalam proposal tersebut, kita tidak akan membubarkan lembaga-lembaga yang terbentuk di era Reformasi. Seperti Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial, tetapi justru memperkuat dan menyempurnakan, agar selaras dengan tujuan dan cita-cita lahirnya negara ini, yaitu untuk mempercepat terwujudnya Indonesia yang Adil, Makmur dan Sejahtera.

Semua pemikiran tersebut telah terangkum di dalam Buku Saku tentang Visi Misi Paket Pimpinan DPD RI masa bakti 2024-2029. Silakan Bapak Ibu dan Adinda baca.

Insya Allah, kami, Paket Pimpinan DPD RI Masa Bakti 2024-2029, yang terdiri dari saya sendiri, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Pak Nono Sampono, Ibu Elviana, dan Pak Tamsil Linrung, siap mengabdikan diri bersama seluruh Anggota DPD RI yang terhormat, untuk bersama-sama mewujudkan DPD RI yang Kuat dan Bermartabat.

Semoga ikhtiar yang kita lakukan, demi Indonesia yang lebih Adil, Makmur dan Sejahtera mendapat Ridho dari Allah SWT, Tuhan Yang
Maha Kuasa, dan dapat dicatat sebagai Amal Kebaikan dari kita semua untuk generasi yang akan datang.

Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ketua DPD RI

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti